SEJARAH KOMUNITAS OZANAM

Rumah Karya Ozanam di Warakas

Ketika pelimpahan Paroki St. Fransiskus Xaverius dari Serikat Jesus kepada Konggregasi Misi, Puteri Kasih juga mengembangkan pelayanan di daerah Warakas yang semula melayani di daerah Cilincing, Komunitas Rosalie Rendu (Rumah Kerang). Kehadiran Suster Puteri Kasih di Warakas atas undangan Romo Paroki Fransiskus Xaverius yaitu Rm. Hario Subianto, CM. Pada tahun 1995. Sr. Isabella, PK mengawali pelayanan dengan melakukan kunjungan kepada keluarga-keluarga katolik. Dengan bantuan Ibu bidan Monika dan suaminya Bapak Sutiman, Suster Puteri Kasih dikenalkan dengan tokoh-tokoh masyarakat di RW 05 Kelurahan Papanggo.

Beberapa tokoh umat ikut melakukan pendekatan dengan memberikan penjelasan kepada tokoh masyarakat, pemuka agama Islam, dan para pemuda setempat tentang maksud kehadiran Suster di wilayah RW 05 yaitu untuk membantu warga setempat.

Selanjutnya, bekerjasama dengan ibu-ibu PKK dan umat setempat mengadakan kunjungan kerumah-rumah warga yang sakit dan membutuhkan bantuan, memberikan makanan yang bergizi untuk anak-anak dan mengadakan penjualan sembako murah.

Untuk mendukung kegiatan yang semakin meningkat di Papanggo, maka pada tanggal 12 Januari 1999 para Suster membeli rumah di Jl. Papanggo IV No. 27 yang terletak di depan kantor RW 05 milik Bapak Tohir. Dari hasil kunjungan para suster di bawah jalan tol Warakas-Ancol, banyak anak-anak usia sekolah yang belum sekolah dan banyak Lansia yang hidup sendiri. Pada April 2004, Sr. Angela bersama relawan memulai bimbingan belajar di bawah tol dan penjualan sembako murah. Setiap hari Sabtu, para suster bekerja sama dengan dokter-dokter muda dari ATMA JAYA, Tarumanegara, Pelita Harapan mengadakan pengobatan keliling.

Rumah karya Ozanam yang semula Annex (cabang) dari Komunitas Rosalie Rendu, mulai disiapkan untuk mandiri secara administrasi dan pelayanan. Maka pada tanggal 7 Februari 2009 secara resmi rumah karya Ozanam menjadi Komunitas Ozanam, ditandai dengan instalasi Sr. Theresita sebagai Suster Abdi (Pimpinan Komunitas) Komunitas Ozanam, dengan anggota Sr. Angela PK dan Sr. Cicilia PK. Tanggal 8 Maret 2009, Komunitas Ozanam diberkati oleh Rm. Yoyon, CM selaku Pastor Paroki Fransiskus Xaverius dibantu oleh Rm. Puji, CM. Pemberkatan dihadiri oleh umat katolik setempat, para donatur dan relawan.

Pada tanggal 9 Februari 2013 Sr. Theresita digantikan oleh Sr. Elsa sebagai Suster Abdi dengan anggota Sr. Adriana PK, Sr. Netty PK dan Sr. Ardita PK. Pada tanggal 12 Agustus 2016, tugas Sr. Elsa sebagai Suster Abdi digantikan oleh Sr. Josephine PK yang sebelumnya bertugas di Komunitas Rosalie Rendu Jakarta, dengan anggota Sr. Lusiana PK dan Sr. Ardita PK.

Saat ini para suster bersama rekan kerja (7 orang guru, 4 orang guru kecil dan 5 ibu-ibu kader) melayani 297 anak bimbel, 30 Lansia dan 80 KK untuk sembako murah

 


Misi Pondok Ozanam

Memberikan pelayanan penuh kasih
kepada seluruh masyarakat di sekitar Papanggo yang membutuhkan
dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan perbaikan gizi. Dan membantu meningkatkan kesejahteraan social masyarakat setempat
terus-menerus bekerja dengan menanamkan motto “Kasih Tuhan adalah kasih yang tulus dan tidak membeda-bedakan”

 

 


SUSTER YANG PERNAH BERTUGAS

Sr. Theresita, PK
Sr. Angela, PK
Sr. Aurelia, PK
Sr. Goretti, PK
Sr. Cicilia,PK
Sr. Adriana, PK
Sr. Netty, PK
Sr. Elsa, PK

SUSTER YANG SEKARANG BERTUGAS

Sr. Yosephine, PK
Sr. Lusiana, PK
Sr. Ardita, PK

Alamat :
Pondok Ozanam
Jl. Papanggo IV No. 27 RT 011/ RW 05 Tanjung Priok
Telp. (021) 6514470 Hp .081212408575