Profile Guru & Karyawan

about-me

DELFIANA LEDANG - guru

DELFI

Aku mengenal Suster Puteri Kasih sejak tahun 1997-1998. Awalnya aku hanya membantu para suster saat Sekolah Minggu. Setelah selesai SMEA dan bekerja di sebuah pabrik, aku tetap mengajar Sekolah Minggu. Setelah beberapa waktu, Sr.Resa memintaku untuk membantu mengajar di Bimbingan Belajar, walaupun awalnya agak kikuk dan grogi akhirnya lama-kelamaan menjadi biasa. Saat libur, aku selalu membantu mengajar dan aku merasa senang karena dengan mengajar aku menjadi lebih percaya diri. Aku semakin percaya diri dan berani membuka les di rumah dan membantu para suster. Saat aku tidak lagi bekerja di pabrik, aku memberikan waktuku secara total untuk mengajar. Banyak orang mengatakan bahwa kegiatanku tidak bermanfaat dan aku adalah seorang perempuan dengan pekerjaan yang tidak jelas, bahkan ada yang mengatakan aku mirip PSK. Tetapi aku tidak menyerah karena yang aku alami dikemudian hari benar-benar mengubah hidupku. Tahun 2004, aku dan para Suster mulai mengajar dibawah tol. Pertama kali kami mengajar, yang datang hanya 4 anak. Orang heran melihat kami dan bertanya: mengapa mau mengajar di tempat seperti ini, berani sekali. Saat itu aku hanya diam dan tetap melanjutkan kegiatan kami setiap hari, pagi dan sore (kecuali hari Rabu). Akhirnya tidak ada lagi yang bertanya, malah memberi kami minum dan mengucapkan terima kasih. Pengalaman yang penuh tantangan dan akhirnya sampai diterima merupakan pengalaman yang sangat berharga bagiku dan tidak aku dapatkan di tempat lain. Hal ini member suatu pelajaran bagiku bahwa keraguan dan pandangan jelek dari orang lain hanya bias dibuktikan dengan kesetiaan dan bekerja dengan tulus. Hal ini yang terus menantangku sampai hari ini, yaitu tidak hanya membuat hidupku sendiri bermakna tetapi juga hidup anak-anak yang aku layani lebih baik. Aku berharap banyak kaum muda yang mau bergabung mengajar adik-adik disini dan berkembang dalam hal kemandirian dan empati, seperti yang telah aku alami dan mengubah hidupku, hidup seorang Delfi...Ozanam YES

about-me

YAHUDI BU’ULOLO - Guru

YUDI

Aku lahir di Nias 09 September 1991, dan bergabung dengan Para Suster Puteri Kasih di Pondok Ozanam sejak 19 Agustus 2013. Aku mengenal Komunitas Puteri Kasih melalui kelompok Pendalaman Alkitab Bunda Teresa yang saat itu membantu karya Para Suster.

Tidak terasa waktu terus berjalan, hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan bahkan tahun demi tahun terus berganti tetapi karya pelayanan di Pondok Ozanam tetap bertahan sampai saat ini. Selama tiga tahun aku bergabung di Pondok Ozanam banyak hal yang aku alami. Bertemu dengan anak-anak di Pondok Ozanam, aku belajar banyak hal : belajar sabar, bagaimana mengerti kebutuhan anak-anak yang aku dampingi dan mengajar mereka dengan penuh cinta dan kasih sayang. Di Pondok Ozanam, yang diajarkan bukan hanya ilmu pengetahuan saja tetapi terutama adalah budi pekerti . Kegiatan yang diadakan di Pondok Ozanam yang pernah aku ikuti adalah OMB ( OZANAM MENCARI BAKAT ), ART & CRAFT DAY dan masih banyak kegiatan lainnya. Seiring berjalannya waktu, aku merasa banyak anak-anak yang mengalami perkembangan, banyak dari mereka yang belajar di Pondok Ozanam meraih prestasi di sekolah mereka masing-masing. Di Pondok Ozanam aku juga banyak belajar dari teman-teman pendamping yang memiliki rasa kekeluargaan yang luar biasa. Dan teristimewa para Suster Puteri Kasih yang senantiasa sabar dan penuh kasih mengarahkan kami para pendamping untuk terus melihat kepada anak-anak yang membutuhkan uluran tangan dan kasih sayang dari kami para pendamping. Hal itu yang membuat aku terus bertahan sampai saat ini membantu karya pelayanan para Suster Puteri Kasih di Pondok Ozanam.

Harapanku ke depan, semoga pelayanan di Pondok Ozanam terus berlanjut dan anak-anak yang belajar di Pondok Ozanam menjadi agen perubahan terutama tentang kepedulian kepada teman. Dulu mereka tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitarnya, sekarang mereka mulai menampakkan kepedulian terhadap hal-hal kecil seperti : memungut sampah yang berserakkan dan membuang pada tempatnya, meminjamkan alat tulis kepada temannya yang tidak membawa alat tulis tanpa diminta.

Semoga anak-anak yang pernah dibimbing di Pondok Ozanam memiliki semangat dalam mengamalkan nilai-nilai seperti disiplin, peduli, tekun dan jujur.

 

 

about-me

IMELDA DHUE EGO - Guru

Nama : Imelda dhue Ego

Umur : 20 tahun

Pendidikan : Pendidikan Matematika (Semester I)

Mengajar memberikan bukan hanya pengalaman tapi juga kepuasan dalam diri saya dalam membagikan ilmu saya ke orang lain. Setiap harinya saya mendapat masukan serta ilmu baru, bukan hanya dari para rekan guru, suster, juga dari para siswa sendiri. Saya merasa ini menjadi pembelajaran yang tidak didapat di kampus. Di tahun kedua saya di Pondok Ozanam saya dipercaya memegang 3 kelas yaitu TK Kecil, Kelas 3 SD dan Kelas 6 SD.

Keterlibatan saya dalam karya pelayanan Suster Puteri Kasih memberikan saya kebahagian karena bisa menjadi bagian dalam karya Tuhan melalui Suster-Suster Puteri Kasih bagi anak-anak yang kurang mampu. Selain itu kegiatan ini menunjang bagi pendidikan saya karena di tahun 2016 ini saya mulai kuliah di Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta Jakarta.

Saya merasa karya Tuhan melalui Suster Puteri Kasih senantiasa diberkati Tuhan. Agar semakin banyak yang merasakan kehadiran Tuhan dalam karya pelayanan para Suster Puteri Kasih di Komunitas Ozanam.

 

about-me

MERRY ANASTASIA - Guru

Saya, MERRY ANASTASIA pendamping belajar baik di PO (PONDOK OZANAM) maupun di GO (GRIYA OZANAM).

Saya mengenal karya suster Puteri Kasih, saat anak bungsu saya Angela mengikuti bimbel di tempat Suster. Saat itu yang pertanggung jawab terhadap pelayanan bimbel adalah Sr. Angela PK. Melalui kegiatan di Paroki St.Fransiskus Xaverius - Tanjung Priok, saya dipertemukan dengan Sr. Netty PK yang pada waktu itu bekerja di secretariat Paroki. Saya mengenal Sr.Theresita PK, saat kami berada dalam satu kegiatan bersama dalam Sie Panggilan Paroki, juga Sr. Cicilia PK yang saat itu membantu di Pelita Kasih.

Pertemuan dan perkenalan dengan para suster sangat membekas di hati saya, karena pelayanan mereka, baik itu pendampingan belajar bagi adik-adik dan membantu para Lansia yang kurang mampu sudah dirasakan manfaatnya, ini berdasarkan penuturan langsung rekan saya, seorang pegawai kelurahan. Hal ini menimbulkan keinginan untuk bergabung dalam pelayanan BIMBEL. Keinginan ini terwujud saat Sr. Netty PK datang kerumah dan meminta saya untuk bergabung dalam pelayanan BIMBEL sejak 3 Agustus 2015. Hal ini merupakan hadiah ulang tahun yang istimewa dari Tuhan. (Saya lahir tanggal 27 Agustus). Banyak suka dan duka yang saya alami dalam mendampingi adik-adik belajar di Pondok Ozanam selama lebih dari setahun ini. Duka yang mendatangkan banyak sukacita. Terutama menghadapi perilaku adik-adik yang berlarian keluar pagar sebelum bimbel dimulai. Jengkel, marah, kecewa campur jadi satu. Apalagi ada satu anak yang tidak mengindahkan nasihat, walau sudah diperingatkan 3 kali. Dengan sangat terpaksa saya menyuruhnya pulang, kalau hanya mau bermain saja di Bimbel. Dia bersikeras sambil menangis dan berteriak ingin belajar. Saya mengijinkan dengan syarat untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya. Saya pun sebenarnya menangis, karena pasti anak ini benci dengan saya. Tetapi kejadian esok hari di luar  dugaan saya, karena dia datang dan memberi salam seperti biasa sambil tersenyum. Saya pun terharu dan memeluknya sambil meminta maaf telah berkata kasar padanya. Puji Tuhan, saya lega... Saya merasa senang karena bias membantu dan mendampingi adik-adik bertumbuh tidak hanya dalam belajar tetapi juga dalam hal berbagi ilmu dan peduli pada teman yang kurang mampu belajar.

Saat ini, saya bersama teman-teman pendamping dan para suster melanjutkan tugas pendampingan yang masih perlu terus dikembangkan dari hari ke hari, menumbuhkan kejujuran, menjadi pribadi yang mandiri, agar kelak menjadi kebanggaan keluarga dan masyarakat sekitarnya, serta membawa adik-adik bertemu dengan "SANG KASIH UTAMA".
**"CHARITAS CHRISTI URGET NOS"**

about-me

VERONIKA SOKA - Guru

Nama saya : Veronika Soka
Daerah asal : Flores – NTT

Awal Agustus 2016, saya bergabung dalam karya Susteran Puteri Kasih khususnya menjadi pembimbing anak-anak Pondok Ozanam

Kesan :
- Para Suster selalu memberikan perhatian kepada saya dan teman-teman
- Saya senang dan sangat bersyukur karena diajak untuk ikut mengajar dan mendidik anak-anak
- Saya melihat adanya perubahan pada anak-anak, jika selalu diadakan pendekatan / sapaan dan kesabaran yang terus-menerus diupayakan
Anak-anak Pondok Ozanam tidak hanya diberikan ilmu tetapi juga dibimbing menjadi anak-anak yang disiplin, peduli, tekun dan jujur.
Harapan saya, semoga anak-anak bisa merasa bahwa Pondok Ozanam adalah rumah kedua mereka.

about-me

Valentina - Guru

Saya mulai bergabung di Pondok Ozanam , pada Selasa 23 Agustus 2016. Menyenangkan, karena saya bisa berkarya sesuai dengan kemampuan. Saya dapat bekerja sama dengan para suster dan pengajar yang lain, mendapat masukan / saran dari mereka dalam menghadapi anak anak yang sifatnya bermacam-macam. Semoga kebersamaan kita, mempererat tali persaudaraan . Tetap semangat dalam berkarya. Ozanam........Yes Tuhan memberkati, amin

about-me

Fransiska Sedo ( Siska) - Guru

Fransiska Sedo ( Siska) 

Saya lahir di Larantuka-Flores Timur.

Saya mulai bergabung di Pondok Ozanam pada tanggal 13 Januari 2017, awalnya saya diajak oleh tante saya (Valen) yang sudah lebih dahulu bergabung di sini. Mengajar adalah hal baru untuk saya, menghadapi anak-anak dengan berbagai macam karakter dan sifat sikap mereka. Saya memang baru di kegiatan ini, tetapi saya memiliki keinginan untuk belajar bagaimana mengajar dan memahami anak-anak saya. Saat ini, saya mengajar TK dan SD kelas II dan IV pagi di Pondok Ozanam. Semoga saya dan anak-anak, dari hari ke hari, bisa saling belajar, pastinya juga dengan bantuan para Suster dan pengajar lainnya . Berkah Dalem 😊

about-me

Sandra Abriyanti - Guru

Salam kenal !

Tak kenal maka tak sayang, izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya. Nama lengkap adalah Sandra Abriyanti, mengapa ada Abrinya? Karena saya lahir tanggal 5 Oktober 19?? Saya mempunyai satu Juru Selamat yaitu Yesus Kristus, satu orang suami yaitu Thomas A. Wibowo, satu orang anak laki-laki yaitu Wilhelmus GAP dan satu orang anak perempuan yaitu Regina Caeli.

Ayat alkitab yang menjadi penghiburan dan kekuatan bagi saya adalah Matius 6:23 “ Tetapi cari dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya maka semuanya akan ditambahkan kepadamu”. Saya yakin, bergabung di “Ozanam” bukan suatu kebetulan, tetapi saya melihat betul bahwa ini adalah bagian “sulaman” tangan Tuhan dalam hidup saya yang indah. Banyak berkat yang sudah saya terima setelah bergabung dengan kegiatan Bimbel Ozanam ini, yang membuat saya semakin terpacu untuk dapat memberikan yang lebih baik dan semakin membuka hati untuk ”anak-anak”  Ozanam yang dipercayakan kepada saya.

about-me

Ibu Laurentia Pasi - Karyawan